PRAKIRAAN SERANGAN OPT PADI, JAGUNG DAN KEDELAI MT 2019 DI INDONESIA

Prakiraan Organisme Penggagu Tumbuhan (OPT) merupakan bagian dari sub-sistem perlindungan tanaman. Prakiraan OPT adalah kegiatan mendeteksi atau memprediksi perkembangan populasi atau serangan OPT yang akan terjadi pada masa mendatang serta kemungkinan penyebarannya dalam ruang dan waktu tertentu.

Prakiraan OPT bertujuan untuk memberikan informasi dini tentang keberadaan populasi, intensitas dan luas serangan, serta penyebaran OPT yang akan datang, sehingga dapat disusun saean tindak pengelolaan OPT sesuai prinsip dan strategi Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Analisis prakiraan serangan OPT berdasarkan angka luas serangan yang terjadi pada periode sebelumnya dengan menggunakan model yang di kembangkan Balai Besar Peramalan OPT (BBPOPT). Berdasarkan informasi perkembangan OPT tersebut diharapkan instansi terkait di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi dapat dengan segera melakukan upaya untuk mencegah/ mengendalikan peningkatan populasi dan serangan OPT, sehingga kerugian yang lebih besar dapat dihindari, selain itu juga diharapkan dengan pola dan metodologi yang sama dapat disusun prakiraan serangan OPT lebih rinci di tingkat lapangan (spesifik lokasi).

Berikut kami sampaikan prakiraan OPT Padi, Jagung dan Kedelai secara Nasional MT 2019 di Indonesia :

 

PRAKIRAAN SERANGAN OPT PADI, JAGUNG DAN KEDELAI MT 2019 DI INDONESIA

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *